Air Terjun Jitok terletak di Desa Mubui Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau, dengan jarak tempuh ± 125 Km dengan waktu ± 2 jam menggunakan kendaraan roda 2 dan 3 jam dengan menggunakan roda 4.

Jitok  adalah nama sebuah pohon menurut bahasa warga setempat yang berarti pohon Pulai.

Menurut cerita warga setempat dengan adanya pohon Pulai diyakini membuat keberadaan air di tempat tersebut tidak pernah kering, walaupun dalam keadaan kemarau panjang.

Keberadaan lokasi tersebut sangat menarik, sebelum mencapai lokasi tersebut kita melewati kampung warga setempat yang disitu tersedia berbagai jenis produk anyaman, diantaranya tikar, ragak, jarai, tanggui, parang dengan berbagai ukuran dan disitu juga terdapat warga sebagai pemahat patung berbahan dasar kayu, sehingga jika berkunjung ditempat tersebut akan sangat mudah jika ingin mendapatkan cinderamata. Air terjun Jitok memiliki panorama keindahan alam yang cukup alamiah, karena masih banyak dikelilingi oleh tumbuhan asli setempat sehingga udara di lokasi tersebut terasa segar dan suasana yang terasa sejuk, lokasinya yang terletak diatas bukit menjadi tantangan tersendiri untuk mengunjunginya.

'